Senin, 21 Jun 2021
  • SMA Negeri 2 Plus Panyabungan "Cerdas, Berkarakter, Berprestasi "

Tips Belajar Saat Puasa supaya Enggak Malas dan Ngantuk

Guyss, buat kamu yang Muslim, pasti bersekolah di bulan puasa menghadirkan cerita tersendiri. Gimana enggak? Setidaknya selama 7 jam di sekolah, kita tidak makan dan minum, Quipperian. Meski kesannya di sekolah cuma duduk, tapi belajar yang notabene butuh konsentrasi tinggi sebenarnya malah menguras banyak tenaga.

Tak jarang juga, setelah jam belajar selesai kita masih lanjut berkegiatan. Entah itu kumpul OSIS, kegiatan ekskul atau ikut tempat bermain.

Tapi, Guyss yakin  semua tantangan dalam berpuasa di sekolah itu enggak kalian anggap sebagai beban, kan? Toh, dengan sekolah, puasa jadi lebih terasa cepat karena kita melewati waktu bersama teman-teman.

Nah, supaya tetap fit dan semangat belajar walau nutrisi kita terbatas, jangan khawatir. Guyss punya 5 tips belajar saat puasa yang bisa kamu ikuti. Cekidot!

1. Tidur Cukup di Malam Hari

Biasanya nih, anak-anak muda terutama pelajar suka begadang, entah untuk nongkrong, nonton bola, atau main game. Apalagi di bulan puasa banyak banget kegiatan yang bisa dilakukan pada malam hari. Waktu yang seharusnya dipakai tidur malah digunakan untuk begadang sekalian menunggu waktu sahur.

Nah, tips belajar saat puasa biar bisa tetap konsentrasi yakni dengan menjaga pola tidur senormal mungkin. Dengan tidur yang cukup dan nyenyak di malam hari, esoknya, ketika masuk sekolah dan belajar, kamu akan merasa segar dan badan terasa enteng. Meski puasa, enggak ada yang namanya malas dan ngantuk karena kamu sudah mendapatkan tidur yang cukup di malam harinya!

2. Batasi Kegiatan di Siang Hari

Penyakit paling umum yang dimiliki para pelajar ketika sekolah di bulan puasa adalah tidak menjaga energi dan fisiknya di siang hari. Sehingga, mereka enggak sadar asupan makanan yang dimakan saat sahur sudah habis dan lapar pun makin menjadi-jadi. Padahal, waktu berbuka puasa masih 5-6 jam lagi.

Nah, tips belajar saat puasa dari Quipper Video Blog selanjutnya adalah jaga batasi kegiatan di siang hari. Jangan melakukan aktivitas yang menguras tenaga terlalu banyak karena bisa membuat Quipperian merasa capek lebih cepat. Lebih baik kalian membatasi kegiatan di siang hari supaya tidak malas di sekolah daripada terpaksa membatalkan puasa di siang hari, bukan?

3. Jangan Tidur Sesudah Sahur

Ngantuk memang jadi musuh terbesar di saat puasa tiba. Apalagi ketika sahur, kamu susah untuk dibanguninnya sehingga setelah sahur kebanyakan dari kamu memilih untuk tidur lagi.

Sebenarnya tidur setelah sahur malah membuat kamu merasa pusing saat bangun nanti, lho. Soalnya baru saja tidur sebentar, eh kamu sudah harus bangun lagi untuk siap-siap ke sekolah. Lebih baik, setelah sahur, gunakan waktumu untuk ibadah dan belajar sebentar misalnya dengan Quipper Video.

4. Makan Sahur yang Tepat

Sahur adalah waktu yang krusial ketika kita harus sekolah di saat puasa. Tips belajar saat puasa yang tidak boleh kamu remehkan adalah pilih makanan sahur yang bergizi. Seperti sayur-sayuran dan makanan tinggi protein agar energi kamu di pagi hari lebih banyak. Belajar pun jadi semangat dan tidak ngantuk.

Ada juga orang-orang yang malas bangun sahur sehingga melewatkan waktu sahur mereka. Duh! Itu adalah pilihan yang terbilang nekat, Quipperian. Karena kamu akan belajar seharian di sekolah dan kalau perut kamu kosong-melompong, bagaimana mau menerima pelajaran di sekolah?

5. Ngobrol Seperlunya Sama Teman di Sekolah

Banyak berbicara itu bikin haus, lho! Kalau kamu terlalu banyak bicara ketika sedang di sekolah, kamu akan merasa haus dan lapar lebih cepat karena bibir kering. Ujung-ujungnya kamu jadi malas belajar, deh!

Post Terkait

Reset Akun Belajar
12 Mei 2021

Reset Akun Belajar

0 Komentar

KELUAR