Senin, 21 Jun 2021
  • SMA Negeri 2 Plus Panyabungan "Cerdas, Berkarakter, Berprestasi "

8 Manfaat Internet bagi Kehidupan Manusia

Saat ini kita berada pada zaman di mana internet seolah menjadi kebutuhan primer manusia karena memenuhi hampir seluruh ruang kehidupan mereka. Mulai dari hal yang paling sederhana hingga hal yang cukup rumit semua dapat dikendalikan dan dikerjakan dengan bantuan internet.

Internet merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global untuk melayani pengguna di seluruh dunia menggunakan sistem global transmission control protocol (TCP/IP).

Jaringan komputer atau internet pertama kali dibentuk pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) melalui proyek yang bernama Advanced Research Project Agency Network (ARPANET).

Awal mulanya mereka mendemonstrasikan bagaimana kita dapat berkomunikasi dengan jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon memakai software dan hardware komputer berbasis UNIX.

Kini tidak ada bidang apapun yang tak bisa dipermudah oleh manfaat internet. Kreasi terhebat ini memberi semua orang akses untuk menjangkau seluruh dunia.

Kehidupan modern telah menjadi lebih mudah berkat kontribusi besar teknologi internet untuk komunikasi dan berbagi informasi. Manfaat internet tak hanya sebatas pada akses komunikasi dan informasi. Kini manfaat internet telah merambah pada sektor ekonomi, sosial, hiburan, hingga keamanan.

Dengan internet segala aktivitas dapat meraih efisiensinya. Dalam hal ini bagi penggunaan internet yang bijak akan memperoleh banyak keuntungan di berbagai sektor. Manfaat internet pun juga akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Berikut ini ada 8 manfaat internet bagi kehidupan manusia perhatikan penggunaannya secara bijak telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1. Berjualan dan Menghasilkan Uang

Manfaat internet yang pertama yaitu untuk berjualan dan menghasilkan uang. Jika kamu seorang pembisnis atau ingin menjual sesuatu, Internet adalah tempat yang sempurna untuk menjual sebagian besar barang.

Karena siapa pun di dunia dengan akses Internet dapat menemukan situs web atau kanal berjualan milikmu, dan mempunyai akses ke lebih banyak orang daripada yang pernah kamu lakukan dengan toko ritel lokal.

Internet selalu aktif dan selalu tersedia kapan pun itu, yang berarti kamu memiliki potensi untuk menjual barang setiap hari setiap saat. Internet juga memberikan semua bisnis kemampuan untuk mengiklankan produk atau layanan mereka kepada semua orang di dunia atau menentukan demografi yang tepat yang ingin mereka jangkau.

2. Konektivitas, Komunikasi, dan Berbagi

Manfaat internet berikutnya adalah sebagai alat konektivitas, komunikasi dan berbagi. Di masa lalu, akan butuh berhari-hari dan kadang-kadang bahkan berbulan-bulan untuk menerima surat dari orang lain.

Hadirnya internet merupakan sebuah inovasi terhebat dalam dunia komunikasi dunia. Hari ini, dengan internet, kamu dapat mengirim email kepada siapa pun di dunia dan waktu pengiriman sangat singkat kurang dari satu menit.

Selain email ada pula chating yang juga memungkinkan kamu melakukan komunikasi instan dengan siapa pun di seluruh dunia tanpa batasan.

Dengan akses ke khalayak yang lebih luas, siapa pun yang memiliki koneksi Internet juga dapat dengan cepat memberikan sumbangan ke badan amal atau membantu mendanai proyek dan gagasan yang menarik minat.

3. Perbankan, Pembayaran dan Belanja

Tak perlu antre panjang di bank atau pergi ke ATM untuk bertransaksi. Internet memberi kamu akses ke rekening bank untuk melihat saldo, melakukan transaksi, dan mengirim uang.

Banyak layanan memungkinkan untuk melihat dan membayar tagihan secara elektronik. Dompet elektronik juga telah mengubah cara orang melakukan pembayaran dan membawa uang mereka.

Belanja online adalah keuntungan besar lain dari Internet, memberikan siapa pun yang memiliki akses Internet untuk menemukan produk yang menarik minat mereka dan membelinya tanpa harus mengunjungi toko.

4. Alamat, Pemetaan dan Informasi Kontak

Manfaat internet berikutnya adalah untuk mencari alamat, pemetaan dan informasi kontak. Dulu, mencari lokasi atau sebuah jalan di tempat asing akan memerlukan banyak waktu.

Kini dengan bantuan teknologi GPS, Internet dapat membantu memetakan dan mengarahkan kamu ke hampir setiap tempat di dunia. Mesin pencari saat ini juga cukup pintar untuk mengetahui lokasi dan membantu memberi kamu pencarian yang paling relevan untuk wilayah kamu.

Misalnya, jika kamu membutuhkan tukang ledeng dan mencari tukang ledeng, maka kamu akan diberi tukang ledeng lokal di daerah sekitar tempat tinggalmu.

5. Kolaborasi Bekerja dari Rumah, dan Akses ke Tenaga Kerja Global

Internet adalah tempat yang sempurna untuk bekerja dengan orang lain dari seluruh dunia. Ada puluhan layanan online yang memungkinkan kamu untuk bekerja dengan orang lain dan, dengan kemampuan untuk berkomunikasi instan, bahkan dapat membuat produk dan layanan baru menjadi lebih cepat.

Koneksi Internet memberi banyak orang kemampuan untuk bekerja dari rumah atau memiliki kantor virtual. Saat ini, banyak bisnis memungkinkan karyawan mereka untuk bekerja dari rumah menggunakan komputer dan koneksi internet mereka.

Internet juga memungkinkan perusahaan merekrut tenaganya. Banyak layanan online yang dapat memberi akses ke orang yang mencari pekerjaan.

6. Media Informasi, Pengetahuan dan Pembelajaran

Internet berisi segala pengetahuan dan informasi tanpa akhir yang memungkinkan kamu mempelajari hampir semua topik atau menjawab pertanyaan yang kamu miliki.

Dengan menggunakan mesin pencari seperti Google, kamu dapat mengajukan hampir semua pertanyaan dan menemukan halaman web dengan jawaban untuk pertanyaan itu.

Ada juga jutaan video di situs-situs seperti YouTube yang membantu menjelaskan berbagai topik dan bahkan kursus online yang dapat diambil untuk membantu mengajari kamu tentang berbagai hal.

7. Mempermudah Proses Pelaksanaan Sistem Akademik

Internet tidak hanya merambah di bidang hiburan atau komunikasi saja, melainkan juga dimanfaatkan dalam bidang pendidikan. Manfaat internet di berbagai lembaga pendidikan, khususnya sekolah di era kini yang tidak tertinggal mempermudah pengaturan sistem administrasi.

Kini sistem akademik bisa diurus dari mana saja tanpa harus pergi ke sekolah.
Proses mudah mengurus data dan dokumen akademik di seluruh lembaga pendidikan tersebut merupakan salah satu manfaat internet bagi pendidikan.

Bahkan kini tidak hanya pada sistem akademik, segala sistem kependidikan juga bisa diakses lewat internet. Mulai dari pendaftaran sekolah, perekrutan pegawai, hingga sistem pada berbagai tingkat ujian.

8. Menghemat Biaya dan Waktu

Salah satu manfaat internet yang paling dikenal secara umum adalah tingkat praktisnya saat digunakan untuk berkomunikasi dan mengurus berbagai hal. Dengan menggunakan internet, kamu bisa menghemat waktu sekaligus biaya sangat banyak.

Internet bisa mengirimkan beragam data dan dokumen elektronik dalam hitungan detik saja. Begitupun ketika kamu melakukan komunikasi antar sesama pengguna jaringan internet lainnya secara luas.

Tidak perlu membayar biaya mahal untuk berkomunikasi, serta dapat berhubungan lewat telepon atau video yang tersambung dalam beberapa detik saja. Waktu yang kamu habiskan sangat singkat tanpa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari.

Post Terkait

Reset Akun Belajar
12 Mei 2021

Reset Akun Belajar

0 Komentar

KELUAR