Jargon Sekolah
Sabtu, 04 Des 2021
  • SMA Negeri 2 Plus "Cerdas, Berkarakter & Berprestasi"

Sejarah Sekolah

Gedung Depan SMAN 2 Plus Panyabungan

SMA Negeri 2 plus Mandailing Natal berasal dari kelas unggulan yang dirintis oleh masyarakat Mandailing Natal yang tinggal di sekitar Medan yang terhimpun dalam Badan Musyawarah Cendekiawan Mandailing Natal (BMCMN) yang dipimpin oleh Ir. Zulkarnain Lubis, MS yang saat itu adalah juga Rektor Universitas Medan Area. Kelas unggulan ini sudah berjalan sejak Semester Genap Tahun Pelajaran 2002/2003 dan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kotanopan.

Setelah vakum selama setahun, pada tahun 2006 Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal memutuskan untuk segera mengubah status kelas unggulan tersebut menjadi sekolah yang berdiri sendiri, yaitu SMA Negeri Plus sekaligus menjadikan seluruh siswanya menjadi siswa di SMA Negeri Plus tersebut dan meminta Ir. Zulkarnain Lubis, MS menjadi kepala sekolahnya.

Dengan persiapan singkat yang dimulai sejak November 2006 SMA Negeri Plus Mandailing Natal sudah diresmikan pada tanggal 8 Maret 2006 setelah melalui tahapan pemindahan siswa kelas unggulan yang ada dari SMA Negeri 1 Kotanopan, proses seleksi guru, persiapan gedung dan pengadaan sarana prasarana seadanya. Untuk sementara SMA Negeri Plus Mandailing Natal menempati bekas kantor Dinas PU Kabupaten Mandailing Natal di Kotanopan dan saat ini semua aktivitas pembelajaran dilakukan disana termasuk pondokan (asrama) tempat tinggal siswa.

Jadi dalam waktu yang singkat Telah berdiri sebuah sekolah bernama SMA Negeri Plus Mandailing Natal yang mempunyai siswa lengkap dari kelas 1 sampai kelas 3 yang berasal dari kelas unggulan, bahkan tahun ajaran 2006/2007 yang lalu telah meluluskan siswa didikannya, walaupun para siswa kelas 3 ini statusnya masih siswa SMA Negeri 1 Kotanopan, tetapi seluruh proses pembelajarannya sudah dilakukan oleh SMA Negeri Plus Mandailing Natal.

Pada tahun 2009 telah dibangun bangunan tersendiri untuk SMA Negeri Plus Mandailing Natal untuk menggantikan gedung yang dipakai sebelumnya yaitu gedung Dinas PU yang berada di Kotanopan, gedung yang baru ini berada di Kompleks pendidikan STAIM atau Sekolah Tinggi Agama Islam Mandailing Natal yang berada di kota Panyabungan, dengan pindahnya sekolah ini ke kota Panyabungan maka namanya juga berubah dari SMA Negeri Plus Mandailing Natal menjadi SMA Negeri 2 Plus Panyabungan. Dan pada tahun 2018, SMA Negeri 2 Plus Panyabungan resmi dinaungi oleh sebuah yayasan dengan nama Yayasan Marbisuk(Maroban Bisuk) yang dibina langsung oleh Ibu Gubernur Sumatera Utara Ibu Hj.Nawal Lubis,S.E.