Senin, 27 Sep 2021
  • SMA Negeri 2 Plus Panyabungan "Cerdas, Berkarakter, Berprestasi "

Tingkatkan Kualitas Bahasa Inggris Secara Mandiri

Tingkatkan Kualitas Bahasa Inggris Secara Mandiri

Di era global saat ini, di mana arus perubahan teknologi dan informasi semakin berkembang, menuntut seseorang wajib menguasai lebih dari satu bahasa. Penguasaan bahasa asing akan membuat seseorang siap dan percaya diri menghadapi tantangan global yang semakin cepat dan selalu berevolusi dengan inovasi-inovasi terbarukan. Kecakapan penguasaan bahasa Inggris (English proficiency) menjadi kewajiban bagi setiap orang untuk dapat diimplementasikan pada dunia kerja dan masyarakat.

Pandemi mempengaruhi dan mengubah ‘mood’ seseorang dalam proses peningkatan belajar bahasa Inggris.  Juga,  mengubah gaya belajar yang sedianya tatap muka di kelas, kini harus belajar mandiri secara daring atau online. Mereka harus belajar mandiri dan mencari tahu sendiri terhadap tugas yang harus diselesaikan. 

Namun hal ini harus diterapkan sementara waktu, mengingat pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia. Dengan demikian, ‘mood’ seseorang dalam belajar pasti akan berubah yang sedianya aktif dalam belajar, menjadi cenderung pasif, sifatnya hanya menyelesaikan tugas saja, setelah itu selesai.

Berkaca dari hal tersebut, agar eksistensi dan keefektifan dalam meningkatkan belajar bahasa Inggris di tengah situasi pandemi Covid-19 tetap terjaga, berikut lima tips agar mampu memberikan dorongan motivasi terhadap imun belajar bahasa Inggris tetap terjaga dan konsisten selama pandemi Covid-19 ini:

1.  Tentukan tujuan

Ada pepatah yang berbunyi: where is the will there is a way. pepatah ini sangat pas untuk seseorang yang ingin    berkomitmen dan konsisten meluangkan waktu untuk belajar dan meningkatkan kualitas bahasa Inggris. Tentukan tujuannya, kenapa ingin belajar bahasa Inggris dan tujuannya untuk apa. Hal ini perlu dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya agar belajar bahasa Inggris dapat berjalan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat. Mulailah dengan hal terkecil dan mudah, lakukan hal tersebut secara bertahap dan kontinyu. Selama proses pembelajaran,  ingatlah no pain no gain serta selalu optimistis  dalam setiap proses aktivitas yang sedang dikerjakan. Akan selalu. “Ada jalan jika ada keinginan”.

2. Nonton film

Bentuk sederhana dan efektif dalam meningkatkan bahasa Inggris yakni dengan menonton film. Kita bisa memilih tema-tema film asing yang disukai atau digemari. Kita pilih, apakah film yang beraksen American English atau British English. Pada umumnya, kegiatan belajar bahasa Inggris yang sering digunakan cenderung ke American English. 

Kenapa menonton film? Bukankah film isinya hanya cerita saja?  Betul, hanya sebuah cerita fiksi saja. Tapi bukan ceritanya yang akan dibahas, namun dari sisi bahasa (language), kalimat (sentence), kosakata (vocabulary), dan tutur lisan atau pengucapan (pronounciation) yang diperankan oleh tokoh dalam film tersebut yang wajib kita ketahui dan pelajari. Melalui tayangan film, selain menghibur, kita bisa mengkesplorisasi kemampuan bahasa Inggris.

Kita bisa belajar melalui sebuah kalimat yang diucapkan oleh tokoh karakter yang ada di film tersebut dan bagaimana sebuah kata itu diucapkan oleh tokoh karakter dalam film tersebut. Kita bisa juga mulai menulis (writing) beberapa kalimat yang kita dengar dari film yang kita tonton.  Dari tulisan ini kita bisa menganalisa apakah kalimat yang ditulis mengandung past tense, present tense, atau future tense, dan unsur-unsur bahasa Inggris lainnya seperti idiom, slang, part of speech.

Selain itu, agar lebih challenge, kita bisa menyiasati dengan teknik menutup bagian subtitle. Dalam konteks ini, kita akan melatih keterampilan menyimak (listening), menulis (writing), berbicara (speaking), dan membaca (reading). Munculnya empat keterampilan berbahasa (Four English Skills) dari tayangan film, asalkan kita konsisten ingin belajar bahasa Inggris, kita bisa stay action meningkatkan bahasa Inggris dari rumah.

3. Dengarkan lagu

Cara sederhana dan efektif selanjutnya yaitu mendengarkan lagu. Kita bisa mendengar lagu kesukaan dari ponsel. Kita bebas memilih tema lagu yang disukai. Saat mendengar lagu, pastikan kita tidak terbuai dengan alunan melodi lagu tersebut, ingat tujuannya yaitu demi meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Di  saat mendengar lagu, pastikan kita jangan melihat dari lirik teks lagu. Dorong diri kita untuk bisa menulis (writing) bahasa Inggris dari lagu yang didengar. Jangan takut salah bila kosa kata yang ditulis tidak sesuai atau  cenderung salah dengan lirik lagu sebenarnya. Tulis kalimat apa saja yang kita dengar. 

Perlu diingat, bahwa di  dalam lagu tersebut kita akan menemukan beberapa suku kata yang disatukan bunyinya, misalnya “They’re standing ovation” atau “there’re too many of them”. Kedua contoh tersebut bisa kita analisis secara bertahap. Kemudian dengan mendengarkan lagu, kita juga bisa berlatih pengucapan (pronunciation). Selain menikmati lagunya, mulailah berlatih pengucapan kosa kata yang mudah dulu untuk diucapkan dilanjutkan dengan kosa kata yang agak sulit untuk diucapkan. Kita bisa gunakan kamus bahasa Inggris untuk mengetahui bentuk bunyi (phoneme) dari sebuah kata. 

4. Baca buku

Sebenarnya kita bisa keluar negeri gratis dan cepat apalagi di masa pandemi seperti ini. Koq bisa..?? Tentu saja bisa. Jawabannya sederhana saja, yaitu baca buku. Pepatah bilang, we can see the world through reading a book, luar biasa bukan murahnya. Tantangannya yaitu apakah mood kita suka membaca buku-buku bertuliskan bahasa Inggris atau jurnal/artikel bahasa Inggris. Kita bisa baca buku atau jurnal bahasa Inggris untuk menambah pengetahuan serta membuka cakrawala pengetahuan melalui membaca. 

Kita bisa baca buku ataupun jurnal bahasa Inggris dimana dan kapan saja kita mau. Membaca buku atau artikel bahasa Inggris bisa menambah pembendaharan kosakata (vocabulary building) dan melatih pengucapan (pronunciation) dari kosa kata baru yang ditemukan. Kita juga bisa melatih menulis (writing) secara tepat dengan melihat konteks tulisan kalimat yang terdapat didalam buku atau artikel/jurnal tersebut (past tense, present tense, future tense).

5. Media sosial

Cara ini merupakan yang paling efektif dan lengkap. Di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini, dengan kecanggihan ponsel yang kita miliki, kita bisa menambah jam terbang belajar bahasa Inggris secara mandiri melalui media sosial yang sangat cepat aksesibilitasnya.  Kita bisa mengakses materi bahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan. Kita bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris melalui Youtube, Instagram, Facebook, dan WhatsApp. Kita bisa gabung dalam sebuah komunitas bahasa Inggris di laman media sosial yang diinginkan. Semua materi bahasa Inggris ada dalam genggaman tangan kita, tinggal bagaimana kita mengelola  waktu (time management) dalam meningkatkan belajar bahasa Inggris.

Semoga kelima tips meningkatkan belajar bahasa Inggris di masa pandemi Covid-19 dapat memberi manfaat dan motivasi untuk tetap stay action belajar bahasa Inggris secara mandiri di rumah. Manfaatkan waktu yang tersedia karena waktu terus berjalan dan tidak bisa diputar kembali. Jangan takut salah selama proses belajar bahasa Inggris. “experience is the best teacher” karena keberhasilan tidak ada yang instan namun yang ada sebuah proses membentuk mind-set menuju keberhasilan.

penulis
sman2plus

Tulisan Lainnya

Belajar Dengan Metode Daring
Oleh : sman2plus

Belajar Dengan Metode Daring

0 Komentar

KELUAR